Hati-Hati Hoaks Jadwal Seleksi CPNS 2024

Dibuat oleh Intan Ayuni in CPNS 14 Jun 2024
Bagikan

Beredar beberapa informasi terkait jadwal seleksi CPNS 2024 yang menyertakan tanggal dan periodenya di media sosial. Nyatanya, situs resmi BKN dan SSCASN belum mengeluarkan informasi resmi terkait jadwal tersebut. Informasi yang beredar di media sosial ini tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena Plt. Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam wawancaranya bersama Kompas.com mengimbau bahwa masyarakat untuk terus menunggu informasi jadwal seleksi CPNS 2024 melalui situs resmi pemerintah.

Pendaftaran CPNS 2024

Terdapat 1.289.824 formasi yang terbagi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah. 

Bagi calon peserta CPNS 2024, nantinya kamu dapat melihat daftar formasi CPNS dan PPPK yang dibuka melalui situs http://sscasn.bkn.go.id setelah adanya pengumuman resmi pembukaan pendaftaran.

Jangan lupa juga untuk selalu akses informasi CPNS 2024 melalui kanal resmi pemerintah seperti BKN dan ASN Karier.


1. Seleksi Administrasi

Daftarkan dirimu secara online dengan buat akun di portal SSCASN. Pada proses pembuatan akun, masukkan data dirimu dan unggah dokumen sesuai dengan ketentuan dan selengkap-lengkapnya. Dokumen akan diverifikasi dan jika lolos pada tahap seleksi administrasi ini, kamu akan diundang untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. 


2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaannya menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Nantinya setiap peserta SKD akan mengerjakan beberapa tipe tes menggunakan perangkat komputer. 

CASN akan dihadapkan dengan sejumlah tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Durasi waktu SKD hanya 100 menit, jadi pastikan untuk mengalokasikan waktu sebaik-baiknya. Untung lulus pada tahap SKD, kamu harus memperoleh total nilai tertinggi atau berada di atas ambang batas tiap tesnya. 


3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Jika CASN telah lulus pada tahap SKD, maka akan diundang untuk melaksanakan Seleksi Kompetensi Bidang di instansi pembina jabatan yang didaftar. Instansi akan menyusun materi SKB dalam bidang jabatan fungsional. Materinya dapat berupa Tes Potensi Akademik, Tes Praktik Kerja, Tes Bahasa Asing, Tes Fisik dan Psikotes. Tes ini berbeda-beda berdasarkan instansi dan formasi yang dilamar. 


4. Integrasi Nilai

Nilai SKD dan SKB yang sudah diperoleh oleh CASN akan dilakukan integrasi yang diambil dari perhitungan total SKD 40 persen ditambah dengan totdal SKB 60 persen. 


5. Pengumuman Kelulusan

Kamu dapat mengakses pengumuman kelulusan di situs  masing-masing kementerian dan instansi yang dilamar. Semoga namamu tertulis di sana ya nantinya!


6. Pemberkasan

CASN yang sudah diumumkan lulus wajib melengkapi dokumen berikut ini:

- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

- Surat Pernyataan tidak terikat dengan instansi lain

- Surat Pernyataan tidak terlibat partai politik

- Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di mana saja

- Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah

- Surat Pernyataan bebas narkoba


Ingat! untuk informasi jadwal seleksi sampai tahapan seleksi CPNS 2024 secara rinci akan dirilis secara resmi segera. Silakan tunggu informasinya sembari mempersiapkan diri. 

Nah, berhubung tanggal pendaftarannya belum dipastikan, artinya kamu masih punya waktu mempersiapkan diri untuk proses seleksi. Tunggu apa lagi? Sebelum semakin dekat waktunya, yuk segera cari tutor belajar Seleksi Kompetensi Bidang (SKD) agar persiapanmu lebih matang!

Hubungi Edu Pavilion untuk solusi cari tutor belajarmu!

Komentar (0)

Bagikan

Bagikan kiriman ini dengan orang lain

Tutor Privat Seleksi Mandiri PTN

Tutor Privat Seleksi Mandiri PTN

Tetap Semangat Berjuang, Menggapai Mimpi ! Butuh bantuan untuk lolos seleksi PTN/PTS impianmu? Dapatkan investasi masa depan Mulai dari 120 ribu/pertemuan Sukses dalam Genggaman-mu !!! Hubungi Kami Sekarang... WhatsApp: 0852-8145-5797 Hanya di Edu Pavilion! Mudah, Terjangkau, Berprestasi.